Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa SD Negeri 61 Kota Ternate

Aminudin Muhammad, Al Azhar Muhammad, Deliasani Ade

Abstract


Anak sekolah dasar merupakan kelompok anak usia dini yang rentan terkena bencana gempa bumi dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan anak usia dini adalah dengan pembelajaran siaga bencana melalui model Quantum Teaching. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi melalui kegiatan sosialisi dan simulasi yang dilakukan oleh Mitra secara berkala. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di SD Negeri 61 Kota Ternate di Kelurahan Afetaduma, Kec. Pulau Ternate yang dilakukan dalam 8 (delapan) tahapan antara lain diawali dengan pembukaan kegiatan sekaligus briefing pre-simulasi, simulasi awal, pre-test, penyampaian materi, diskusi, simulasi akhir, post-test, dan penutupan. Terdapat peningkatan pengetahuan dan tindakan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada Mitra setelah dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diukur sebelum dan sesudah baik melalui simulasi maupun pre-test dan post-test. Keterlibatan para guru dan siswa juga sangat aktif dan sangat antusias. Pada evaluasi juga ditemukan adaya kesinambungan kegiatan yang dilakukan oleh Mitra dengan menetapkan Jadwal sosialisasi dan simulasi sebanyak 4 (empat) kali dalam setahun.


Keywords


Kesiapsiagaan Bencana, Gempa Bumi, Siswa Sekolah Dasar, Ternate

Full Text:

PDF

References


Abdul Muhari, P. D. (2022). Gempabumi 5,2 SR Halmahera Utara Sebabkan 101 Rumah Rusak. Article, 18 April 2(Gempa Bumi), 1. https://www.bnpb.go.id/berita/gempabumi-5-2-sr-halmahera-utara-sebabkan-101-rumah-rusak-

Afifaturrahmi, A., Hartati, S., & Akbar, Z. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Gempa Bumi melalui Video Animasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 343–348. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.388

Agung, M. A. (2022). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Swarnabhumi, 7(1), 23–27. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/6641

Andrian, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i2.58

Anuwar Kadir Abdul Gafur1*, F. B. (2022). S i l i t e k. 02(01), 56–63.

Faj, N. A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 39-45.

Irma Suryani, 2. A. (2014). Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolahdasar 19 Banda Aceh. Jurnal Biotik, 88-92.

Kamaliani, B. C. (2016). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dengan Permainan Ular Tangga Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di SDN 1 Batuan. e-Journal Poltekkes Kemenkes Denpasar Bali, 1-23.

Lestari, A. W., & Husna, C. (2017). Bencana gempa bumi dan tsunami bidikmisi shcolarship female student’s preparedness in facing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, 2(3), 1–7. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/4225/3035

Marsaoly, N., Togubu, J., & Nagu, N. (2023). Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana Gempabumi Di Smk Misbahul Aulad Halmahera Selatan. Jurnal PengaMAS, 5(2), 160–169. https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i2.4540

Sekolah, D. I., Banda, D., Suryani, I., Adelila, S., & Milfayetty, S. (2014). Kesiap Siagaan Bencana Alam. 2(2), 88–92.

Shahzad, A., Azeem, M., Nazir, M. S., Vo, X. V., Linh, N. T. M., Pastor, N. M. Z., Dhodary, S., Dakua, S., Umeair, S., Luo, F., Liu, J., Faisal, M., Ullah, H., Sudarmika, G., Sudirman, I., Juliantika, N., Dewi, M., Insiroh, L., Bhawa, I., … ABS., M. K. (2019). Title. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3), 1–21. https://media.neliti.com/media/publications/112355-ID-pengaruh-struktur-aktiva-ukuran-perusaha.pdf%0Acholar.google.es/scholar?hl=es&as_sdt=0%2C5&q=Funcionalidad+Familiar+en+Alumnos+de+1°+y+2°+grado+de+secundaria+de+la+institución+educativa+parroquial+“Peq

W. Adi, A., Shalih, O., Shabrina, F. Z., Rizqi, A., Putra, A. S., Karimah, R., Eveline, F., Alfian, A., Syauqi, Septian, R. T., Widiastono, Y., Bagaskoro, Y., Dewi, A. N., Rahmawati, I., Seniarwan, Suryaningrum, H. A., Purnamasiwi, D. I., & Puspasari, T. J. (2023). IRBI (Indeks Risiko Bencana Indonesia). 01, 1–338.

Yovita Dwi Setiyowati, F. S. (2023). Disasters. Prosiding SENAPAS, 1(Kesiapsiagaan Bencana dengan Simulasi Penyelamatan Diri saat Gempa Bumi pada Anak Sekolah Dasar Kelas 4-6 Yovita), 3. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENAPAS/issue/view/421

Soraya, S. (2022). Efektifitas Quantum Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 76-95.

Supartoyo. (2023). Gempa Bumi Merusak Di Indonesia Tahun 2022. Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral Republik Indonesia. Humas PVMBG. Jakarta.

Widodo, T. (2021). Pengaruh Metode Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Smp Negeri 4 Cigeulis. Jurnal Pendidikan Geosfer, 6(1), 36-44




DOI: https://doi.org/10.26630/jpk.v5i2.15773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published by: Politeknik Kesehatan Tanjung Karang

Jl. Soekarno Hatta No. 6 Bandar Lampung, Cq. Tim Jurnal Pengabdian Kesehatan Beguai Jejama Politeknik Kesehatan Tanjungkatang. Telepon: 0721 – 783852, Fax. 0721-773918 atau e-mail ke alamat:
Email : jpt@poltekkes-tjk.ac.id
Website : jpt.poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Kesehatan Beguai Jejama is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.