Terapi Bermain Puzzle Kombinasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Tuna Grahita di SLBN Muara Bulian Jambi
Abstract
Anak berkebutuhan khusus dalam isi program pembelajarannya dapat memanfaatkan permainan terapeutik yang meliputi permainan explorasi, permainaan sosialisasi, permainan keterampilan, permainan imajinatif dan permainan memecahkan masalah melalui puzzle atau puzzle it-out play. Model pembelajaran anak tuna grahita yang mengalami kesulitan berpikir antara lain pengulangan, pemberian contoh dan arahan, Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini bertujuan melaksanakan kegiatan terapi bermain dalam bentuk terapi bermain puzzle dengan mengkombinasikan berbagai macam bentuk seperti angka, buah, hewan, dan bunga sebagai upaya peningkatan kemampuan kognitif anak tuna grahita ringan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Muaro Bulian Kab. Batang Hari Provinsi Jambi. Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini siswa SLBN Muara Bulian sebanyak 30 orang. Metode dan tahap pelaksanaan kegiatan antara lain persiapan tanggal 4 dan 11 Agustus 2018, tahap pelaksanaan tanggal 18 dan 25 Agustus 2018, dan tahap evaluai pada tanggal 1 September 2018. Bermain puzzle kombinasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak tuna grahita ringan. (SLB) Negeri Muara Bulian Kab. Batang Hari perlu melakukan upaya peningkatan pengetahuan anak tuna grahita melalui berbagai terapi bermain secara terjadwal dan terus menerus, seperti permainan puzzle kombinasi ini.
Full Text:
PDFReferences
Delphie, B, Pembelajaran anak tunagrahita. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Djohan, S, Penerapan permainan puzzle sebagai media stimulasi pengembangan kognitif anak kelompok B di TK Siti Massita I Desa Passi I Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolang Mongondow. Jurnal PG-Paud volume 3 no.2, 2015. di akses dari http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIP/article/view/7000/0. [Diakses 12 Oktober 2016]
Gunarsa, S.D, Psikologi perawatan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Greenough, W, Perspective: Rich Experiences, Physical Activity Healthy Brains [serial online]. National Scientific Council on the Developing Child, 2006. Available from: http://www.developingchild.net. [Accessed 01 November 2016].
Harburger, L., Nzerem, C., Frick, K, Single Enrichment Variables Differentially Reduce Age-Related Memory Decline in Female Mice Behavioural Neuroscience. USA: Publisher Inc, 2007.
Irwanto, Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: Kapita Selekta IKA, 2006.
Monalisa, Perbedaaan kemampuan rata-rata memori jangka pendek anak tuna grahita ringan setelah pemberian terapi bermain puzzle di SLB Prof Sro Soedewi Masjhun Sofwan SH. Journal Health and Science, Vo. 2 No.1, Gorontalo, 2018.
Oktariani, N, Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap daya ingat pada anak retardasi mental di SLBN Gianyar. Jurnal keperawatan Universitas Udayana, 2015. Tersedia dalam: https://wisuda.unud.ac.id/pdf/1102106066-2-BAB%201.pdf [Diakses 12 Oktober 2016].
Prihartawati, Pengaruh media permainan puzzle terhadapKemampuan mengenal huruf vokal pada Anak tunagrahita kategori sedang Kelas III SLB N Sleman volume 5 no.1, 2016. Tersedia dalam: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/1651/1433 [Diakses 12 Oktober 2016].
Riyanti, D, Psikologi Umum I. Jakarta: Gunadarma, 2005
Safitri., Peningkatan kemampuan daya ingat melalui permainan puzzle pada anak usia 5-6 tahun Volume 3 No 6, 2014. Available from: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5667 [Accessed 10 Oktober 2016].
Sidiarto, K, The Efficacy of Specific patterns of Movements and Brain Exercises on the Cognitive Performance of Healthy Senior Citizen in Jakarta. Jakarta: UI Press, 2003.
Soemantri, S, Psikologi anak luar biasa. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Soetjiningsih., Tumbuh kembang anak edisi 2. Jakarta: EGC, 2016
DOI: https://doi.org/10.26630/jpk.v1i1.28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by: Politeknik Kesehatan Tanjung Karang
Jl. Soekarno Hatta No. 6 Bandar Lampung, Cq. Tim Jurnal Pengabdian Kesehatan Beguai Jejama Politeknik Kesehatan Tanjungkatang. Telepon: 0721 – 783852, Fax. 0721-773918 atau e-mail ke alamat:
Email : jpt@poltekkes-tjk.ac.id
Website : jpt.poltekkes-tjk.ac.id
Jurnal Pengabdian Kesehatan Beguai Jejama is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.